Jumat, 28 September 2007

Kuliner

JAKARTA


Makanan Jowo 'Mbah Jinkrak'
alamat: Bulungan Raya 26 Jakara selatan
Telp: 021 - 7220891


Mie Jowo
1. Ada mie nyemek, magelangan, mie goreng, dll
Jl Ampera Jakarta (dekat MEDCO)

2. Ada mie nyemek, magelangan, mie goreng, dll
Jl alternatif Cibubur (Depan RS Ibu dan Anak)

Tahu campur lamongan
1. (Kedai Ojo Lali milik Nur Fadhlan alias Bejo)
Jl Saharjo, tebet (25 meter dari Mc Donalds ke arah pancoran)
Telp 021-79182753

Tersedia tahu campur khas lamongan olahan petisnya berbeda dengan yang lain, rasanya
lebih nabok, plak! (sumber Kontan)

2. Warung pinggir jalan, buka sore hari
Jl Arteri Pondok Indah

Kepiting Cak Gandul
Kedai kepiting Cak Gandul 1992 dikawasan kelapa gading ada kepiting
asam manis, bumbu kepiting kare, kepiting mentega.
1.Pandaan : jl Raya Surabaya-Malang Km 48 Pandaan, Pasuruan
Telp. (0343)639989

2.Surabaya: jl Raya Kupang Indah, Surabaya
Telp. (031)7327554

3.Jakarta: jl Raya boulevard, QJ. 1 No 31 Kelapa Gading
Telp. (021)4535570

Soto Kudus Asri
Selain Soto kudus ada Garang asem yang rasanya garang
Jl Pandang Panjang, Manggarai, Jakarta Selatan
(sebelah SPBU Pandang Panjang)
Nila Goreng Garing
Nila goreng garing pak 'Ugi' terkenal garing dan renyah
Jl. Boulevard Raya Blok FX I/1, kelapa gading permai jakarta
Telepon : (021) 4532502 / 0818179053

JOGJAKARTA

Mie Jowo
Perempatan Ring-Root Jombor(depan terminal Jombor) Yogyakarta

Gudeg bu Djuminten
Jl Asem Gede (dekat perempatan pingit) Yogyakarta

Gudegnya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, jadi sedang-sedang saja tapi enak dan pas
(sumber pengalaman pribadi)

Selengkapnya!

Rabu, 26 September 2007

Manajemen Waktu




Anda yang ingin sukses, ikuti tips manajemen waktu orang-orang sukses berikut ini:

* Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup Anda
Tanyakan pada diri sendiri, `Untuk apa saya hidup?' `Apa yang saya inginkan?','Apa yang harus saya lakukan?'. Lalu tulis semua jawaban Anda dalam sebuah buku. Ingat, tetapkan tujuan dan cita-cita yang realistis dan terukur dalam arti sesuai dengan kemampuan Anda. Karena orang-orang yang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang mengetahui tujuan hidup dan menyadari kemampuannya.

* Lakukan perencanaan
Luangkan waktu Anda untuk membuat perencanaan hidup Anda. Tetapkan rencana apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita hidup Anda. Buat rencana secara cermat. Misalnya rencana untuk menyusun proposal, mengadakan presentasi, menemui klien, memulai bisnis baru, dll.

* Tetapkan skala prioritas
Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus Anda capai dalam waktu dekat. Misalnya, apa yang harus Anda raih dalam minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Contohnya minggu depan Anda harus sudah bisa `menggolkan' tender, bulan depan Anda sudah menjalankan proyek penting, tahun depan Anda sudah bisa menikmati hasil kerja Anda, dsb.

* Batasi rencana Anda
Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika Anda sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat Anda stres. Bahkan jika Anda gagal mencapainya Anda bisa frustasi. Buatlah rencana yang Anda yakin dapat menyelesaikannya.

* Luangkan waktu
Walau Anda sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera Anda kerjakan, jangan lupa luangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Anda pribadi. Misalnya tidur/beristirahat, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga, belanja, dan bermain internet.
Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu Anda sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting. Dengan demikian waktu Anda yang berharga akan lebih efektif bukan? Jika Anda sudah mempraktekkan manajemen waktu ini dengan benar, semoga kesuksesan akan segera Anda raih. Selamat mencoba.!

(sumber : http://pbsr.blogs.friendster.com/paulus_bayu/2006/03/manajemen_waktu.html)

Selengkapnya!

Selasa, 25 September 2007

The Wall-Mart Story

Pendiri Wall Mart bernama Sam Walton yang terlahir dari keluarga miskin petani di kota kecil Kingfisher, Oklahoma pada tanggal 29 Maret 1918. Kehidupan keluarga itu makin sulit, karena tahun itu memasuki zaman Depresi Ekonomi di AS. Tapi Sam kecil bukanlah anak cengeng. Tekanan ekonomi justru membuatnya tumbuh menjadi sosok yang tangguh dan mandiri, dan bahkan berhasil masuk ke University of Missouri di mana ia menyelesaikan kuliah ekonominya.

Untuk membiayai kuliahnya, Sam menjadi loper koran dan lifeguard kolam renang di kampusnya. Prestasinya di bangku kuliah membuatnya hanya butuh waktu tiga hari setelah lulus di tahun 1940 untuk mendapatkan pekerjaan di J.C. Penney's di Des Moines, Iowa dengan gaji US$ 75/bulan. Di sinilah ia mulai belajar tentang bisnis retail.

Di tahun 1942, ia keluar dari J.C. Penney's dan bergabung dengan militer AS dalam Perang Dunia II sebagai perwira intelijen yang mengawasi pabrik pesawat dan kamp tawanan perang. Di tahun yang sama ia menikahi Helen Robson, anak seorang bankir. Usai menunaikan dinas militernya di tahun 1945, dengan berbekal uang pinjaman dari sang mertua, Sam menjadi franchisee dari Ben Franklin five-and-dime stores. Usahanya ini sukses dan bahkan tokonya mampu tampil terbaik dalam hal penjualan dan laba dari semua franchisee di 6 negara bagian.

Di tahun 1962, Sam punya ide untuk mendirikan toko yang lebih besar, dekat dengan daerah pinggiran, harga barang yang rendah dan banyak memberikan diskon. Ide ini ditolak oleh pihak franchisor. Tanpa ragu, Sam lalu mendirikan usahanya sendiri yang dinamakan Wal-Mart di tahun yang sama.

Di sini ia leluasa mengembangkan idenya dan melengkapi tokonya dengan lebih banyak barang, harga murah, sering memberikan diskon, lokasi yang mudah dijangkau, buka pada hari libur, dan membeli barang langsung dari grosir untuk mendapatkan harga murah. Dengan harga per barang yang murah, maka ia dapat menjual barang dengan jumlah yang lebih banyak dan menaikkan volume penjualan dan keuntungan.

Ide lain yang tergolong revolusioner saat itu adalah konsep "self service" di tokonya. Sam mengubah kasir pembayaran yang dulunya ada di tiap konter menjadi terpusat di lokasi depan toko, di mana pelanggan tinggal membayar belanjaannya sekaligus. Kasir akan menghitung semua belanjaan serta menaruhnya di kantung belanja dan pelanggan tinggal membayarnya di satu tempat.

Demi kepuasan pelanggan, Sam juga menyediakan lebih beragam barang, program promosi, serta menjaga kebersihan serta penerangan tokonya. Tak lupa ia menawarkan pembagian keuntungan kepada stafnya untuk menjamin loyalitas mereka. Sam juga menyisihkan keuntungannya bagi kegiatan amal di lingkungan tempat tokonya berada.

Resep ini ternyata sangat ampuh dan bisnis Sam berkembang sangat pesat sampai kini dan mampu menjadi raksasa retail yang sangat tangguh dengan lebih dari 4.000 jaringan toko di seluruh dunia dan keuntungan miliaran dolar AS.

Dalam bukunya "The Wall-Mart Story", Sam membuka rahasia kesuksesannya yakni "10 Rules for Building a Successful Business":

Rule 1: Berkomitmenlah pada bisnis AndaPegang prinsip ini melebihi orang lain.

Jika kita mencintai apa yang kita kerjakan, maka dengan sendirinya kita akan berbuat yang terbaik untuk mengerjakannya. Hal ini akan menular dengan cepat pada orang-orang sekitar kita.

Rule 2: Bagilah keuntungan kepada semua staf serta perlakukan mereka sebagai partner

Jika Anda mampu melakukan hal ini, maka bersama Anda, mereka akan menunjukkan performa yang jauh melebihi harapan Anda. Tawarkan saham perusahaan pada mereka, jika perlu dengan harga diskon dan hadiahi mereka dengan saham sebagai bekal pensiun. "Hal ini adalah hal terbaik yang pernah kami lakukan," ujar Sam Walton suatu ketika.

Rule 3: Motivasi partner usaha Anda

Selalu buat cara yang baru dan lebih menarik untuk memotivasi para staf maupun rekanan. Tentukan target yang lebih tinggi, tumbuhkan kompetisi yang sehat, rotasikan staf secara berkala agar mereka tetap merasa tertantang dan buat skor untuk penilaian prestasi. Agar semakin menarik, Anda harus lebih kreatif saat membuat langkah baru untuk memotivasi, sehingga mereka sukar memprediksi apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

Rule 4: Komunikasikan apa saja yang bisa Anda lakukan pada para rekan bisnis

Semakin mereka tahu apa yang bisa Anda lakukan, maka mereka makin paham. Makin mereka paham, maka mereka akan lebih peduli. Dan jika rasa peduli itu sudah ada, maka tidak ada satu hal pun yang bisa menghentikan mereka. Jika Anda diliputi rasa tidak percaya, maka mereka akan tahu bahwa Anda menganggap mereka sebagai partner dan bisa saja malah lari ke kompetitor Anda.

Rule 5: Hargailah apa yang telah dilakukan oleh staf Anda

Loyalitas mungkin bisa di dapat dari gaji tinggi atau tawaran saham. Tapi sebagai manusia, kita akan gembira bila ada yang secara tulus mengatakan bahwa apa yang telah kita lakukan adalah sesuatu yang benar-benar berharga. Intinya adalah penghargaan atas apa yang telah kita lakukan, apalagi jika hal itu adalah sesuatu yang patut dibanggakan. Apresiasi positif ini sama sekali tidak makan biaya, tapi tak ternilai harganya.

Rule 6: Rayakan kesuksesanJika terjadi kesalahan atau kegagalan, jangan lekas terpuruk.

Cari unsur humor dari kegagalan itu dan tertawalah bersama. Bergembiralah dan selalu tunjukkan antusiasme dalam bekerja. Dan jika sukses jangan lupa pula untuk merayakannya, jika perlu dengan cara yang konyol.

Rule 7: Selalu dengarkan apa yang dikatakan orang-orang di dalam perusahaan dan cari cara agar mereka mau bicara

Mereka yang ada di garis depan-dan selalu berbicara dengan pelanggan-adalah yang paling tahu apa yang diinginkan pelanggan. Dengarkan mereka dan selalu cari jalan agar ide mereka bisa keluar, dan bila memungkinkan wujudkan ide mereka yang berkualitas. Dengan sendirinya, mereka akan lebih bertanggung jawab dan akan memajukan organisasi.

Rule 8: Buat parameter yang lebih tinggi untuk kepuasan konsumen

Jika hal ini bisa Anda lakukan, maka pelanggan akan terus kembali. Beri mereka lebih dari yang mereka inginkan, sehingga pelanggan tahu bahwa Anda sangat menghargai mereka. Jika Anda membuat kesalahan, janganlah cari alasan pembenar tapi mintalah maaf.

Rule 9: Kontrol pengeluaran Anda.

Berikan konsentrasi lebih pada hal itu dibandingkan hal lain seperti berkompetisi Dengan kiat ini, maka Anda akan menemukan keunggulan kompetitif. Kunci di sini adalah efisiensi. Rangkaian kesalahan bisa saja terjadi, tapi kita tetap bisa pulih jika bisa efisien dalam kegiatan operasional. Atau, Anda boleh saja brilian dalam konsep bisnis tapi tetap saja akan tersingkir dari persaingan akibat tidak efisien.

Rule 10: Berenanglah ke hulu Jangan mau terjebak dengan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain.

Buat cara dan jalan bisnis sendiri dan jangan takut bila bertentangan dengan keyakinan banyak pebisnis lainnya. Sam Walton terbukti sukses mendirikan tokonya di kota yang populasinya hanya 50 ribu orang. Padahal sebelumnya, banyak pebisnis meyakini bahwa sebuah toko diskon tidak dapat bertahan lama di kota yang populasinya terbatas.

(sumber Harian Global by Yeni Kurniawi - Wednesday 12 September 2007 - 08:43:23)

Selengkapnya!

Senin, 17 September 2007

Tekad untuk maju


Bertekad Untuk Terus BerkembangCarilah cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu di segala bidang kehidupan anda secara terus menerus.

Orang-orang Jepang mempunyai sebuah istilah untuk konsep pengembangan diri yang berkelanjutan, kaizen. Kemajuan dan kesuksesan datang kepada mereka yang berlatih dan terus berlatih.

Jika anda sadar akan hal itu, anda akan bisa menjadi suami atau istri, putra, putri, teman, majikan, pekerja, atlit dan warga negara yang lebih baik. Komitmen datang dari dalam dan sering di uji.

Ukurlah diri anda dengan standar terbaik. Kebanyakan orang lain memilih untuk menjadi rata-rata. Itulah arti rata-rata.

Anda tidak akan tahu batas kemampuan anda jika anda tidak selalu mencoba. Tolaklah istilah cukup bagus. Bertekadlah untuk menjadi yang sempurna.

Teliti satu persatu tujuan anda dan pikirkan bagaimana anda bisa berkembang sebesar satu persen setiap bulan. Keberhasilan adalah sebuah perjalanan.

Keberhasilan bukanlah pekerjaan cepat. Kenikmatannya ada pada proses pencapaiannya. Jangan anggap kesuksesan sebagai sebuah puncak yang harus di daki, tetapi sebuah dataran tinggi yang harus dilewati.

Selalu dorong anak-anak atau pekerja untuk melakukan sesuatu yang terbaik dan tidak berhenti. Pagarilah diri anda dan mereka dengan pagar yang tinggi. Anda semua akan menjadi orang yang lebih baik. (by Action Principles)

Selengkapnya!

Jumat, 14 September 2007

Mesin Air Bocor

Beberapa hari di bulan Oktober 2006 mesin sanyo airku bocor, di beberapa hari itu pula saya mencoba melihat dan mengamati dimana letak bocornya.Ternyata bocornya dari salah satu penutup tabung atau DRAT sebelah kiri. Penutup tersebut terbuat dari bahan plastik.

Karena sudah jelas saya mencoba untuk membelinya di toko. Saya mendapatkan penutup tersebut tetapi tidak sama persis dengan aslinya. Kata si penjual bahwa penutup itu ukurannya adalah standart yang beda adalah bentuk luarnya saja.Akhirnya penutup itupun saya beli.

Sampai di rumah saya mencoba mengganti penutup yang rusak dengan yang baru. Ternyata penutup yang lama tersebut terlalu kuat untuk di buka dengan tanganku, dan saya tidak punya alat lain.Akhirnya berhari-hari saya biarkan tutup tersebut tetap bocor, saya pun sudah berencana untuk mengundang tukang pompa ke rumah untuk membetulkannya.

Masalah ini sebenarnya masalah yang sepele tetapi saya tidak bisa melakukannya sendiri. Kalau toh aku harus memanggil orang aku akan mengeluarkan Uang paling tidak 50 Ribu sd 100 Ribu untuk hanya membetulkan tutup bocor tersebut.

Alangkah tidak bergunanya saya ini, untuk membetulkan sperti itu saja aku tidak mampu (begitulah dalam pikirku). Aku pun masih menunda mengundang tukang pompa karena hari-hari kebocoran pompa tersebut berbarengan dengan hari raya Idul Fitri dimana banyak orang masih pada liburan.

Dalam penantiannya tersebut saya sudah mulai menemukan akal untuk membukanya yaitu dengan membakar besi hingga panas dan menancapkan ke tutup bocor itu dengan harapan bisa putus dan terbuka.
Ternyata usahaku sia-sia dan kesia-sian itu saya termenung mendadak saya dapat ide unutuk memanfaatkan besi yang tadi aku panaskan tadi untuk memukulkannya pada drat luar dengan palu secara perlahan. Al-hasil tutup itu pun sedikit-sedikit mulai bergeser dan terbuka.
Dalam hatiku mulai merasa senang karena saya sudah berhasil membuka dan mengganti tutup rusak dengan yang baru.

Hal yang sepele kalau tidak segera dikerjaan akan menimbulkan masalah besar kalau tidak segera kita selesaikan.
Dengan keberhasilan yang kita peroleh meskipun dari masalah kecil memberi kepuasan LUAR Biasa dalam diri ini.
Jangan menyerah untuk mencoba untuk menghasilkan hasil yang memuaskan.

Selengkapnya!

Hari ini AKU ....


Tulisan sederhana dalam buku Og Mandino yang menggetarkan setiap yang BACA, dalam kisah tokoh cerita Hafid seorang anak gembala.

1. Hari ini saya mulai hidup baru
2. Saya akan mulai hari ini dengan penuh rasa cinta kasih dalam hati
3. Saya akan tetap tekun mengerjakan sesuatu sampai saya sukses
4. Saya adalah ciptaan Tuhan yan terbaik
5. Saya akan hidup untuk hari ini, seolah-olah hari ini adalah hari saya yang terakhir
6. Hari ini saya adalah pengatur emosi-emosi saya
7. Saya akan membagi tawa pada dunia
8. Hari ini saya akan berbuat kebaikan ratusan kali lebih baik dari hari kemarin
9. Saya akan melakukannya sekarang juga
10. Hari ini saya akan berdoa pada Tuhan untuk ditunjukan jalan yang benar

Senantiasa Sukses untuk yang baca ini.

Kepuasan yang tak terhingga jika kita bisa memberi PELAYANAN kepada sesama kita tanpa kecuali. Melayani sesama kita adalah melayani TUHAN SENDIRI.

Selengkapnya!