Minggu, 13 April 2008

Bangunkan Kuasa Raksasa Dalam Diri

Bangunkan Kuasa Raksasa Dalam Diri (Awaken The Giant Within) itulah buku yang saya beli minggu kemarin di toko buku Kharisma Cibubur. Buku ini melengkapi daftar buku lain yang saya beli.

Saya sudah lama mendengar judul buku yang dikarang oleh Anthony Robbins ini. Tetapi belum berkesempatan untuk mengetahui lebih dalam apa isinya. Pada saat hari minggu kemarin anak-anak mengajak ke Cibubur Plaza, saya menyempatkan diri untuk mampir ke toko buku Kharisma.

Buku karangan Anthony Robbins ini menjadi sasaran pertama yang saya baca dari rak buku di sana. Setelah membolak-balik buku ini dan menimbang untuk membeli atau tidak, ternyata keputusan hati saya mengambil buku ini.

Buku dengan tebal 654 cukup lumayan kalau harus di baca. Hitung-hitung saya akan mempratekan metode membaca cepat yang pernah saya baca sebelumnya dari buku Quantum Learning. Barangkali saya bisa membaca cepat dan menyarikan apa yang saya baca dan dapat memahami isi yang saya baca.

Awal dari saat saya membaca buku ini dalam 1.5 jam saya mendapatkan 47 halaman. Dalam tahap bab awal dalam buku ini diceritakan sekilas tentang 'Impian Takdir'. Diantaranya menjelaskan bahwa setiap orang pada dasarnya punya impian. Dan, bagaimana mewujudkan impiannya. Impian tanpa tindakan memang tinggal impian. Untuk mencapai kenyataan dari apa yang telah di impikan perlu 'menciptakan perubahan yang langgeng'.

Bagaimana menciptakan perubahan yang langgeng ini, langkah-langkah dalam buku tersebut menyebutkan diantaranya :

langkah pertama - Naikkanlah Standar-standar Anda
Langkah kedua - Ubahlah Anggapan-anggapan Anda yang membatasi
Langkah ketiga - Ubahlah strategi Anda

Dalam bab satu ini juga diuraikan tentang ;

Dalam kehidupan ini, banyak orang mengetahui apa yang harus diperbuat, tetapi tidak banyak yang benar-benar melaksanakan apa yang mereka ketahui.

Kata-kata diatas memang bisa mengandung kebenaran jika dihubungkan dengan, bahwa :

saya punya keyakinan sesuatu pasti terjadi tetapi saya tidak melakukan apa-apa dan pada akhirnya keyakinan saya tersebut diwujudkan oleh orang lain.

Dalam menciptakan perubahan langgeng dipengaruhi oleh lima penguasaan bidang kehidupan hal ini diyakini Anthony Robbins, diantaranya :
1. Penguasaan Emosional
Dapat dikatakan bahwa apa yang dilakukan sebenarnya adalah untuk mengubah perasaan kita.

2. Penguasaan Fisik
Tubuh yang sehat, energik dan penuh vitalitas akan menambahkan kepercayaan diri.

3. Penguasaan Hubungan
Keberhasilan kalau hanya dinikmati sendiri tanpa adanya keterkaitan dengan orang lain tentunya tidak akan berarti.

4. Penguasaan Keuangan
Pengelolaan keuangan yang bijaksana akan dapat menghantarkan ketentraman hingga akhir hayat.

5. Penguasaan Waktu
Banyak orang merasa tidak punya waktu untuk melakukan lebih dari yang diinginkan.

Dengan penguasaan kelima hal diatas akan mengahantarkan kehidupan menuju lebih baik.
Itu yang dapat saya sarikan dari apa yang telah saya baca sampai kemarin malam dan saya akan menghabiskan buku ini (maksudnya membacanya, tebal banget oooii ..)

Tidak ada komentar: