Selasa, 22 April 2008

Peta pikiran (Mind Mapping)

Memetakan pikiran, apa itu? Terus terang hal seperti ini baru saja saya ketahui. Kemana saja sebenarnya saya ini? Koq baru sekarang saya mengetahui hal ini.

Justru dengan nge-blog ini ternyata sekarang membawa saya sedikit banyak senang membaca. Membaca yang menurut saya menarik dan ingin saya ketahui. Dan mencoba mengingat dan mengaitkan dengan hal-hal lainnya.

Melalui blog orang lain saya pernah membaca bahwa kumpulan daftar buku yang pernah beliau baca. Blog yang saya baca itu adalah blognya pak Rony founder dari TDA (Tangan Di Atas). Beliau menceritakan dalam blognya tersebut buku apa saja yang beliau baca. Salah satunya adalah Quantum Learning. Waktu saya ke Toko buku dan mendapatkan buku tersebut saya pun tertarik untuk membelinya.


Setelah dibeli dan dibaca banyak hal yang bisa saya peroleh dari buku tersebut. Cuplikan-cuplikan dari bab-bab yang saya baca ada yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya. Diantaranya tentang : Metode membaca cepat, metode cara belajar dan yang terakhir sudah saya baca adalah membuat catatan yang efektif. Membuat catatan yang efektif dan mudah di pahami dan mudah nyantol dalam pikiran ini dikembangkan dengan tehnik membuat PETA PIKIRAN atau MIND MAPPING.

Peta pikiran ini sebenarnya bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk membuat catatan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merekam pola pikiran ke dalam bentuk tertulis. Tulisan yang dibuat tidak berupa tulisan yang flat tetapi di gambarkan menyerupai jejaring.

Jejaring tersebut dimulai dari topik apa yang akan di catat atau topik apa yang akan diringkas dari suatu buku/artikel yang di baca atau materi apa yang mau disajikan dalam presentasi.

Dengan PETA PIKIRAN ini otak akan terpancing untuk memberikan alur-alur apa saja yang akan terhubung dengan pokok basahasan yang akan di detailkan atupun di ringkas.

Peta pikiran ini di gambarkan sedemikian rupa menyerupai pola yang ada dalam pikiran. PETA PIKIRAN ini ditemukan oleh TONY BUZAN dengan tujuan untuk memindahkan pikiran ke dalam kertas ataupun menyusun informasi agar mudah untuk diingat.

Berikut ini KEKURANGAN membuat CATATAN LINIER dan KELEBIHAN menggunakan PETA PIKIRAN. (informasi dari EFF LEARNING)

Kekurangan Catatan Liner :
- Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan ingatan
- Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak perlu (+/- 90%)
- Waktu terbuang untuk cari kata kunci pengingat
- Hubungan kata kunci pengingat terputus oleh kata-kata yang memisahkan
- Kata kunci pengingat terpisah oleh jarak

Kelebihan PETA PIKIRAN
- Mudah melihat gambaran keseluruhan
- Membantu Otak untuk : mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan
- Memudahkan penambahan informasi baru
- Pengkajian ulang bisa lebih cepat
- Setiap peta bersifat unik

Berikut Contoh Peta PIKIRAN
(sumber EFF Learning)

Cara ini sangat membantu tidak saja untuk membuat catatan tetapi metode belajar dan meringkas yang sangat mudah dan gambang sekali digunakan untuk menghafal atau menceritakan kembali apa yang sudah di tulis.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Home Broker, I hope you enjoy. The address is http://home-broker-brasil.blogspot.com. A hug.