Minggu, 09 Desember 2007

Berfikir Besar dan Mulai dari yang kecil

Ada pertanyaan yang dilontarkan oleh teman saya, "punya rencana apa untuk 5 tahun kedepan". Antara kaget dan bingung ternyata saya tidak tahu harus menjawab apa. Pikir saya boro-boro 5 tahun, barangkali untuk 1 jam kedepan saja kadang saya tidak tahu harus ngapain.

Pertanyaan yang sederhana tersebut sepertinya selalu mengganggu pikiran saya. Emang benar juga ya yang dia tanyakan itu. Gimana kalau kita tidak punya tujuan yang jelas dalam hidup ini. Bisa juga diibaratkan "Orang yang mengendarai mobil tapi tidak punya tujuan yang jelas, yang ada barangkali hanya muter-muter tanpa bergerak lebih jauh atau sampai pada tujuan tapi yang tidak jelas yang kita mau-i".

Tapi bagaimana untuk merancang rencana 5 tahun? seperti ngga kebayang saya bisa mengharapkan sesuatu yang barangkali dalam jangka panjang tersebut terwujud. Apakah seperti itu ya. Misal saja 5 tahun kedepan saya ingin mempunyai rumah besar. Apakah mungkin tuh? Apa benar kalau dengan keyakinan 100% bahwa saya bisa dapet rumah itu. Bagaimana cara membuktikannya?

Pembuktian harus diawali dengan langkah nyata atau action. Kayaknya dari sasaran jangka panjang 5 tahun ini harus di cacah hingga kecil-kecil. Sehingga dalam setiap perjalanannya bisa kelihatan progress-nya. Dengan kata lain sasaran yang besar yang kayaknya tidak mungkin harus di rubah menjadi sesuatu yang mungkin. Dan dengan di cacahnya sasaran besar bisa di mulai dari 1 cacahan yang paling kecil atau disebut dengan "memulai dari yang kecil". Saya ingin mencoba melakukankannya setidaknya yang ngga gede-gede dulu.

Tidak ada komentar: