Senin, 03 November 2008

Kunci Keunggulan

Untuk melaksanakan setiap kegiatan diperlukan rule atau model atau semacam pijakan. Banyak kata-kata ataupun kalimat yang tersusun sangat rapi dan sangat mengena yang dapat dijadikan pegangan untuk melakukan kegiatan kita sehari-hari.

Bagaimana kita bisa memaknai hari-hari kita, sehingga kita pun merasa mempunyai kontribusi dalam hidup ini? Dan bagaimana pola yang kita pegang untuk melaksakan kegiatan kita.

Apakah kita hanya melakukan sesuatu tanpa ada pola dan prinsip-prinsip yang melatar belakangi? Atau kita punya beberapa prinsip untuk acuan dalam melaksanakan kegiatan sehiangga kegiatan tersebut dapat terukur meski ukurannya tidak selalu dalam bentuk yang eksak.


Prinsip-prinsip apa yang telah kita punyai? Banyak sekali prinsip-prinsip hidup yang bertebaran dimuka bumi ini. Mulai dari prinsip hidup hasil definisi diri sendiri atau mengacu pada prinsip-prinsip hidup yang telah orang lain terapkan dengan hasil yang sangat memuaskan. Model yang kedua ini bisa kita adopsi sebagai prinsip hidup kita dan kita gunakan sebagai pegangan untuk bekerja, belajar, menjalankan bisnis atau usaha, untuk bersosialisasi dengan orang lain, untuk mengikuti kelompok-kelompok tertentu dan lain sebagainya.

Ada prinsip-prinsip hidup yang sengaja didefinisikan oleh suatu lembaga dimana tujuannya agar orang-orang yang mau memanfaatkannya dapat memperoleh hasil kuna yang sangat super. Sebagai contohnya prinsip-prinsip hidup yang di tuangkan dalam 8 KUNCI KEUNGGULAN yang dituangkan dalam bentuk buku Quantum Teaching. 8 KUNCI KEUNGGULAN ini tentunya dirumuskan oleh suatu lembaga dengan harapan bisa diimplementasikan oleh siapa saja yang kiranya cocok untuk dijadikan pegangan kegiatan organisasi ataupun individu-individu.

Dalam buku Quantum Teaching ini juga dijelaskan bahwa 8 Kunci Keunggulan tersebut telah digunakan oleh Carole Allen yaitu seorang fasilitator Super Camp dan pengajar di M.E.A.D Creative Learing Center yaitu sebuah sekolah anak-anak muda bermasalah dekat Spokane, Washington. Dan 8 Kunci Keunggulan ini dipakai untuk semua aspek yang ada dalam kelasnya.

8 KUNCI KEUNGGULAN yang dimaksud adalah sebagai berikut :

INTEGRITAS : Bersikaplah jujur, tulus dan menyeluruh. Selaraskan nilai-nilai dengan perilaku Anda.

KEGAGALAN AWAL KESUKSESAN : Pahamilah bahwa kegagalan hanyalah memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk sukses. Kegagalan itu tak ada, yang ada hanya hasil dan umpan balik. Semuanya dapat bermanfaat jika Anda tahu cara menemukan hikmahnya.

BICARALAH DENGAN NIAT BAIK : Berbicaralah dengan pengertian positif, dan bertanggungjawablah untuk komunikasi yang jujur dan lurus. Hindari gosip dan komunikasi berbahaya.

HIDUP DI SAAT INI : Pusatkanlah perhatian Anda pada saat sekarang ini, dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kerjakan setiap tugas sebaik mungkin.

KOMITMEN : Penuhi janji dan kewajiban Anda; laksanakan visi Anda. Lakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

TANGGUNG JAWAB : Bertanggungjawablah atas tindakan Anda.

SIKAP LUWES ATAU FLEKSIBEL : Bersikaplah terbuka terhadap perubahan atau pendekatan baru yang dapat membantu Anda memperoleh hasil yang diinginkan.

KESEIMBANGAN : Jaga keselarasan PIKIRAN, TUBUH, dan JIWA Anda. Sisihkan waktu untuk membangun dan memelihara tiga bidang ini.


Itulah 8 KUNCI KEUNGGULAN yang ada dalam Quantum Teaching yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kunci-kunci dalam membuka jalan-jalan yang dilalui dalam kehidupan kita. 8 Kunci Keunggulan tersebut juga bisa digunakan sebagai kata-kata atau kalimat-kalimat inspirasi untuk meraih KEUNGGULAN PRIBADI.

Tidak ada komentar: