Senin, 03 Mei 2010

Pagi Yang Lancar

Hari ini untuk sebagian besar orang tua yang anaknya duduk di kelas enam SD pasti sedang meresa mules. Karena pagi ini anak-anak mereka sedang berjibaku untuk mengerjakan Ujian Nasional untuk kelulusan SD.

Di sekitar saya banyak orang tua yang lebih was-was dibandingkan anaknya sendiri yang akan menjalani ujian kelulusan. Kita kebanyakan heran kenapa justru orang tuanya yang was-was? Sementara anaknya sendiri tidak? Apakah anak-anak sekarang tidak merasa bertanggung jawab atas nasipnya sendiri? Ataukah kesadaran mereka untuk itu untuk usia di tingkat SD ini kurang?

Apapun alasannya, orang tua mesti tetap menyadari hal ini jauh-jauh hari supaya tidak terlambat. Dengan orang tua yang dua-duanya bekerja seringkali agak sedikit mengabaikan perhatian kepada anak. Waktu dan tenaganya seolah sudah terkuras habis untuk bekerja sehingga ruang untuk anak menjadi sangat sedikit bahkan sering kali hilang.

Tetapi dengan adanya pagi ini saya jadi diingatkan, karena jalanan pagi ini relatif lancar. Ini dampak adanya ujian anak SD dan liburnya anak-anak diluar klas enam. Dampak ini sangat bisa dirasakan khususnya Jakarta tidak menjadi macet. Dan tentunya kebanyakan orang tua terutama ibu/mama yang punya anak SD klas 6 akan mengambil cuti untuk mendampingi anaknya belajar.

Dengan moment seperti ini bisa menjadi cara untuk mendekatkan anak dan orang tua dan memberikan perhatian penuh untuk masa depan anak-anaknya.

Tidak ada komentar: