Jumat, 06 Maret 2009

Browsing 'menulis'

Mendadak jariku sudah mengetikan kata 'menulis' dalam mesin pencari informasi google. Dan seabrek hasil pencarian keluar dari sana. Aku mulai melihat satu persatu hasil pencarian itu pada halaman pertamanya.

Pilihanku jatuh pada alamat web www.sudutpandang.com dan aku klik saja alamat web ini. Peratama kali dari hasil klik itu muncul kata-kata 'Menulis itu gampang .....'. Aku mulai tertarik dengan judul tulisan itu dan mencoba melihat dan membaca apa isi di dalamnya tentang uraian dari 'Menulis itu gampang ....'. Koq semakin menarik ya, kata demi kata coba aku baca dan membaca mengalir begitu saja dan enak saja.


Aku pun mulai hanyut, pikiran saya antara membaca dan mulai membayangkan apa yang disampaikan oleh tulisan itu. Bahkan malah kadang-kadang aku membacapun sudah tidak nyantol lagi apa yang saya baca tadi. Dan, kemudian focus lagi, ya begitu sampai beberapa kali. Ada keinginan antara membaca dan menghayati dan juga mulai membayangkan untuk action seperti apa yang ditulis.

Seolah-olah kayaknya saya bisa terbawa dengan arus tulisan itu dan meresapi benar kalau ternyata itu memang mudah. Ya makanya sekarang saya sedang praktekan dan action-kan apa yang saya baca dengan menulis. Menulis memang gampang, persetan dengan isinya tapi coba deh terus ketik dan ketik. Begitu kira-kira apa yang juga tertulis dalam salah satu inti menulis itu gampang. Jauhkan pikiran dengan pikiran-pikiran dan norma-norma menulis. Yang penting tulis dan tulis hiraukan saja kalau ada sanggahan dalam hatimu dan terus ketikan jarimu di atas tut komputer dech.

Kayaknya hatiku, perasaanku mulai terbawa nich dengan apa yang pernah aku baca dalam web sudutpandang.com yang dimiliki oleh Nukman Luthfi yang dulu juga sebagai satu pentolan di Detik.com. Sudahlah kalau dalam diri sudah muncul keinginan untuk ngetik dan menuangkan apa yang ada dalam pikiran tumpahkan.

bebaskan jarimu dalam atas tut komputer itu untuk menuliskan sesuatu. Kamu ingin menulis tentang sekelilingmu ketik saja, kamu ingin menuliskan tentang pacarmu ketik saja, kamu ingin menuliskan tentang keluargamu ketikan saja, kamu ingin tuliskan tentang masa depanmu ya balik-balik ketik saja.

Keraguan bahwa menulis itu susah jangan didekatkan dulu ya dari saya. Ini saya juga lagi ngebut dan menulis gitu saja tanpa banyak catcot. Karena yang keluar dalam tulisan ini adalah salah satu wujud menulis cepat dengan cara mentranslet dari apa yang ada di otak dengan apa yang terketik di sini.

Jangan komentari tulisan ini jelek apa rapi, lha wong namanya saja sedang belajar menulis cepat tanpa koreksi. Pancing apa yang ada dalam otakmu dan tulis. Kalau memang belum bisa berhenti jangan berhenti. Biarkan saja, tapi kalau sudah capek yo mandek lho biar ngga kejang tuh jari-jarimu.

Tidak ada komentar: