Kamis, 22 April 2010

Menimba Ilmu di Sumur Kehidupan

Menimba ilmu dari kata menimba dan ilmu. Dalam bahasa jawa menimba adalah mengambil air dari sumur. Berarti menimba ilmu adalah mengambil ilmu dari sumur kehidupan.

Wow seberapa dalam sumur kehidupan? Seberapa banyak air ilmu dalam kehidupan? Apakah sumur kehidupanku sudah kering? Keringnya sumur kehidupan itu hanya pandangan-ku atau pandangan orang lain juga?

Kenapa orang lain bisa menimba ilmu dalam sumur kehidupan dan mendapatkan banyak hasil? Sementara kenapa saya tidak? Padalah sumur kehidupannya sama? Apa aku salah sudut dalam menentukan sumur yang akan aku timba? Kenapa mereka bisa tepat dan mendapatkan banyak? Apa dan bagaimana caranya mereka bisa menimba banyak sementara saya tidak? Apakah ember untuk meimbanya beda? Apakah punya mereka lebih besar dari emberku? Apakah dia lebih kuat menimbanya sehingga banyak yang dihasilkan dari pada aku?

Air ilmu sumur kehidupan sungguh tak terbatas, bagaimana aku bisa menjaringnya seperti orang lain lakukan itu juga. Dari mana saya harus memulai? Apakah sebenarnya mereka juga memulai dari hal yang sama dengan saya? Apakah mereka lebih bisa memaknai hasil timbaannya sehingga hasilnya optimal?

Tidak ada komentar: