Kamis, 28 Februari 2008

Semangat Kerja Menggebu

'COMMITMENT
If You Don't Invest Very Much, Then Defeat Doesn't Hurt Very Much, And Winning Is Not Very Exciting.' -Dick Vermeil-

Hari gini masih ada yang punya semangat kerja yang menggebu. Ck ck ck luar biasa. Ternyata masih banyak di luar sana orang-orang yang masih punya semangat yang menggebu dalam bekerja. Ada yang bersemangat bekerja saja tanpa tahu tujuan mereka sebetulnya apa. Dan, ada pula yang bersemangat karena ingin mencapai suatu tujuan yang mereka idam-idamkan.

Setiap hari dalam perjalan ke kantor saya paling suka mendengarkan radio SMART FM di 95.9. Radio ini menurut saya sangat membakar dan penuh dengan para pembicara yang punya semangat membangun yang luar biasa. Antara jam 7.00 sd jam 8.00 pagi mulai Senin sampai dengan hari Jumat, ada pak Andrie Wongso, ada pak James Gwee, ada pak Martin, ada pak FX Hadi, ada pak Jansen Sinamo, dan lain-lain.

Terasa sekali mereka mempunyai antusias yang tinggi memberi pencerahan bagi para pendengarnya setiap pagi. Bagaimana mereka bisa mengisi acara tersebut dengan jam sepagi itu. Berarti mereka punya semangat untuk bangun pagi dan berangkat lebih pagi dari itu. Dan tentunya mereka selalu fresh dalam menyiapkan setiap bahan yang akan di omongkan. Betul-betul luar biasa menurut saya. Dan, saya termasuk pendengar setia dan mengucapkan terima kasih karenannya.

Banyak hal telah saya terima dari mendengarkan radio tersebut, apalagi pagi sebelum masuk di tempat kerja sudah disuntik dengan jamu pencerahan. Sampai di kantor menjadi lebih bersemangat lagi.

Bagaimana dengan yang lainnya untuk menjaga ritme bekerja agar tetap bersemangat? Adakah cara lain yang lebih ampuh dari itu? Tentu sekali dan saya teramat yakin pasti banyak diantara kita yang punya semangat lebih hebat lagi.

Dalam obrolan istirahat di kantor, pernah saya tanya ke teman 'Apa ya nafsu Thomas Alpha Edison itu?' Kenapa dia bisa punya keyakinan yang begitu kuat untuk menciptakan bola lampu? Dengan banyak sekali percobaan dan baru ke sekian kali dia berhasil untuk mewujudkannya? Bagaimana dia bisa bertahan pada komitmen untuk mewujudkan sesuatu yang diidam-idamkan hingga tujuan tersebut bisa tercapai?
Memang tidak banyak orang seperti Thomas Alpha Edison. Tapi, kenyataannya ada.

Bagaimana dengan pribadi-pribadi yang sering loyo termasuk saya? Kadang gairah itu lenyap begitu saja? Kadang tujuan yang pernah dicanangkan kandas begitu saja?

Harus semangat! dan komit dengan tujuan yang jelas.
Salam penuh gairah.

Tidak ada komentar: