Kamis, 19 Juni 2008

Aku Hanya Iseng

Hari Selasa sampai Rabu tanggal 17-18 Juni 2008 saya ada acara di Surabaya. Saya dan rombongan menginap di Hyat Hotel. Dipilih hotel itu karena memang tempatnya berdekatan dengan kantor regional yang di BRI Tower.

Hari Rabu paginya saya sudah terbangun di pagi-pagi buta kira-kira jam 4.30. Dan mata kayaknya sudah tidak mau di ajak tidur lagi. Ya udah akhirnya saya turun dari hotel di lanti 10 ke loby hotel. Pikir punya pikir asyik juga nich jalan-jalan pagi untuk menghirup udara pagi Surabaya.


Jalanlah saya dari hotel menuruti kaki melangkah. Jalan pertama-tama sampai di depan Tunjungan Plaza trus kaki koq belum capek ya, akhirnya berlanjut ke arah stasiun Gubeng. Wah asik nich kalau ketemu soto Surabaya, saya paling doyan makan soto Surabaya. Karena rasanya memang khas apalagi kalau dimakan pas panas dan pedas pokoknya bisa nyam nyam nyam. Tetapi yang dicari-cari ngga kunjung kelihatan sementara kaki terus melangkah dan telah melewati stasiun Gubeng mengarah ke Jl Kusuma bangsa. Dijalan itu pun tidak juga ada tanda-tanda soto nongol. Wah dah terasa laper dan jauh juga nich jalan dari hotel tapi koq tetap ngga dapet sotonya ya.

Jalanpun masih tetap diteruskan sampai menyusuri Jl. Kusuma bangsa mengarah ke depan THR Mall Surabaya. Nah ini dia ada warung di pinggir jalan yang buka dan kayaknya rame. Saya akhirnya berubah keinginan dari awalnya pengen soto sekarang menjadi pengen apa saja sing penting enak.

Mampirlah saya ke warung pinggir jalan itu. Yang berjualan ibu-ibu setengah baya yang sudah di tunggu antriannya oleh beberapa pembeli. Menu di situ sepertinya biasa-biasa saja, mulai dari lodeh, pecel, tongkol, bandeng, mujaher, sop, dan lain-lainnya. Melihat orang pada makan dengan lahapnya saya tambah laper. Dan pesanlah saya nasil pecel peyek dengan lauk telor dadar ditambah sayur lodeh. Wuih pagi-pagi habis jalan yang cukup jauh enak nich kalau disantap makanan didepan hidung.

Acara makan pun ditutup dengan minum segelas teh manis panas yang baru saja selesai dituang. Mmm penutup yang membuat perut sudah tidak keroncongan lagi.

Selanjutnya saya nimbang-nimbang mau jalan kemana lagi nich. Akhirnya saya pilih jalan lagi kurang lebih 200 Meter dari situ ada perempatan aku ngga hafal jalan apa itu. Dan saya ketemu sama angkot len 'O' yang menuju ke Keputih di sana ada kamus ITS tempat dulu cari-cari ilmu. Naiklah saya ke angkot itu menuju Keputih dan dalam sepanjang perjalanan saya menikmati suasana jalan dan sekitarnya. Dimana jalan-jalan itu dulu sering saya lalui saat 'nyambi ngelesin anak SMP & SMA' di daerah sekitar tambak sari surabaya. Ceritanya napak tilas nich, karena sudah lama sekali saya ngga melalui jalan itu apalagi dengan naik angkot Len 'O' ini.

Tanpa sadar angkotpun sudah melewati Asrama Haji Sukolilo dan terus melewati Gebang dan sepanjang jalan Arief Rahman Hakim Keputih dari jauh sudah terlihat kampus ITS yang beda sekali setelah kurang lebih 15 tahun yang lalu saya ada disana. Kanan jalanpun yang dulu masih berupa rawa sekarang sudah menjadi perumahan Elite Galaxy. Perubahan pun ternyata sudah banyak sekali.

Dari keputih saya berlanjut naik Len S menuju ke arah kenjeran. Dasar pengennya iseng muter-muter ya pokoknya ngikut keinginan ke mana mau pergi saja.

Baru dari Kenjeran akhirnya saya naik Taxi menuju hotel kembali. Sampai di hotel langsung mandi dan siap dengan acara berikutnya.

Tidak ada komentar: