Kamis, 15 Mei 2008

Bersihkan Meja

Hari ini saya terinspirasi dengan salah satu tulisan dalam blog-nya pak Adjie tentang Clean your desk. Apa yang disampaikan pak Adjie tentang bersihkan meja-mu merupakan salah satu kegiatan yang dengan mudah dilakukan. Kegiatannya memang sepele tetapi kalau tidak dilakukan itu akan menjadikan beban dalam pikiran. Apa hubungannya meja tidak bersih atau rapi dengan beban pikiran? Dengan kondisi meja kerja yang penuh sesak dengan tumpukan berkas menandakan pekerjaan kita seolah-olah banyak yang tidak beres.

Memang terasa beda saat meja tersebut terlihat bersih, rapi dan tidak banyak tumpukan berkas. Sepertinya dengan kondisi seperti itu saya hanya menghadapi permasalahan seperti apa yang ada di atas meja itu saja. Semakin sedikit berkas yang diatas meja akan semakin plong pikiran saya. Dan kelihatan didepan mata bahwa hanya itu saja yang sebenarnya perlu diselesaikan lebih awal.

Menyisakan berkas yang hanya siap dikerjakan di atas meja akan memperingan beban pikiran dan pekerjaan itu sendiri. Beda jika diatas meja banyak dengan tumpukan berkas. Pada saat mengerjakan salah satu kerjaan maka pikiran saya sudah tertuju dengan yang lain dan terbayang masih banyak kerjaan yang lain yang sudah menunggu. Ujung-ujungnya saya tidak bisa fokus mengerjakan apa yang saya hadapi saat itu.

Dengan mengatur berkas kerja sesuai prioritas dan memilah-milahnya serta menyotirnya bisa mempermudah mengerjakan sesuatu dengan skala prioritas. Atau bisa jadi dengan kondisi seperti itu saya bisa mengerjakan dari yang paling gampang menuju ke yang sulit. Atau dari yang sulit diselingi kerjaan yang gampang terus kembali ke yang sulit lagi dan seterusnya. Dengan demikian pekerjaan yang tadinya numpuk lambat-laun dapat terkikis habis.

Menyisakan pekerjaan diatas meja untuk esok hari bisa mempengaruhi beban pikiran hingga sampai rumah. Tetapi kalau apa yang ada diatas meja bisa terselesaikan sampai dirumahpun akan terasa tanpa beban.

Kegiatannya memang terlihat sepele tetapi kalau hal tersebut dikerjakan memang banyak memberi manfaat. Setidak-tidaknya meja saya bisa terhindar dari tumpukan berkas yang sebenarnya sudah tidak harus lagi diatas meja saya.

Tidak ada komentar: