Senin, 26 Mei 2008

Kemarin, Hari Ini Dan Besok

Begitulah judul dalam sub bab pada bukunya Anthony Robin yang berjudul Bangunkan Kuasa Raksasa Dalam Diri (Awaken The Giant Within). Dalam sub bab tersebut akan dibahas tentang mengukur suatu pencapaian. Terkadang orang terlalu mudah melupakan pencapaipan-pencapaian yang telah diraihnya. Begitu ditanya kembali apa saja yang telah dicapai maka akan sulit menjelaskannya kembali. Mengetahui pencapaian yang telah diraih sebenarnya juga bisa dijadikan rambu-rambu lalu lintas menuju pada sasaran yang diinginkan.

Dengan melupakan pencapaian maka akan bingung pula untuk mengetahui sampai dimana sasaran jangka panjang yang akan diraih. Apakah sasaran tersebut sudah sedikit demi sedikit terlewati atau masih berjalan ditempat. Dengan rajin melakukan pencatatan terhadap apa yang telah diraih atau dicapai akan membantu setiap orang untuk melakukan evaluasi. Evaluasi terhadap setiap permasalahan yang dihadapi atau barangkali pencapaian-pencapaian apa yang bisa membawa motivasi untuk segera mencapai sasaran yang jauh lebih besar lagi.

Dalam bukunya Anthony Robin di sub bab dengan judul diatas juga diberikan contoh-contoh parameter yang bisa digunakan untuk mengingat kembali apa saja yang telah di capai. Berangkat dari ingatan yang sangat global maka nantinya akan dapat diturunkan atau diingat kembali pencapaian-pencapaian kecil lainnya.

Parameter-parameter tersebut selanjutnya dapat diberikan skor dari 0 sampai dengan 10untuk menjelaskan sampai dimana pencapaian terhadap parameter tersebut tercapai. Mulai dari 0 (nol) yang artinya belum tercapai sama sekali sampai dengan 10 (sepuluh) atau sudah tercapai sesuai dengan yang diinginkan pada suatu waktu yang telah ditentukan. Katakanlah waktu yang digunakan untuk mengukur adalah 5 tahunanan. Jadi dalam parameter tersebut akan dijelaskan tentang pencapaian di 5 tahun yang lalu, kondisi saat ini dan rencana 5 tahun yang akan datang.

Parameter-parameter tersebut adalah sebagai berikut :

Deskripsi skor penjelasan
- Secara fisik .... .............
- Secara mental .... .............
- Secara emosional .... .............
- Daya tarik .... .............
- Hubungan-hubungan .... .............
- Lingkungan Hidup .... .............
- Secara sosial .... .............
- Secara spritual .... .............
- Karier .... .............
- Secara keuangan .... .............

'Penjelasan' yang dimaksud diatas digunakan untuk memberikan uraian terhadap apa saja yang belum atau telah dicapai. Dan, dicapai atau belumnya seperti apa dan statusnya pada saat ini seperti apa, dan lain sebagainya.

Jika parameter-parameter tersebut diatas diisi maka kita akan segera tahu seperti apa sih kemajuan kita setelah 5 tahun yang lalu, seperti apa kondisi saat ini berdasarkan parameter tersebut dan rencana apa saja yang kita harapkan untuk menuju 5 tahun yang akan datang.

Bagi yang belum pernah melakukan hal tersebut diatas bisa jadi hal ini bisa dijadikan review terhadap diri sendiri dan segera melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hal-hal yang menjadi kendala.

Tidak ada komentar: