Minggu, 30 Maret 2008

366 Esai

366 Esai ini sebenarnya merupakan judul sebuah buku dengan judul lengkapnya adalah “366 ESAI untuk MEMOTIVASI DIRI”. Buku ini cukup lama saya punyai semenjak saya masih kuliah. Kurang lebih buku ini saya miliki sejak tahun 1994.

Bagaimana saya mendapatkan buku ini? Ceritanya dulu semasa saya masih kuliah di Surabaya pada semester terakhir saya ikut terlibat pada projects kampus yang diselenggarakan oleh para dosen. Project yang ditangani tentang pengembangan aplikasi sistem informasi di Kantor Walikota Madya Surabaya. Nah pada kesempatan liburan hari raya Idhul Fitri saya tidak pulang. Pada kesempatan itu salah satu dosen dalam project itu tanya ke saya “nDra kamu pulang tidak liburan ini?” saya jawab tidak, “memang kenapa pak?” Tanya balik saya. Ternyata dosen saya mau minta tolong untuk menjaga rumahnya di perumahan dosen.


Singkat cerita, saya menjaga rumah pak Dosen saya tersebut. Oh ya nama pak Dosen saya itu Pak Bandung. Beliau adalah salah satu pimpinan proyek yang saya ikuti. Saat menjaga dirumah beliau saya melihat sebuah buku dengan judul 366 Esai yang tergeletak di atas meja dekat tempat melihat TV. Bukunya sebenarnya tidak begitu menarik buat saya tetapi dari pada bengong saya buka-buka buku itu, wow ternyata saya ketagihan untuk membaca buku itu sampai habis. Acara menjaga rumah ini ternyata menjadi menarik karena saya menjadi berkeinginan supaya bisa membaca buku tersebut sampai habis.

Setelah acara menjaga rumah selesai, beberapa bulan berikutnya saya koq merasa kangen untuk bisa membaca buku tersebut lagi. Akhirnya saya pergi ke toko buku Gramedia untuk membeli buku tersebut.

Buku ini sampai sekarang masih tetap menjadi favorit saya untuk tetap saya baca. Apalagi pada saat saya sedang menemui kebosanan atau sesuatu yang membuat saya lesu maka buku ini yang akan saya baca pertama. Sudah bertahun-tahun buku ini ada di dekat saya. Itu terjadi mulai buku tersebut saya beli sampai pada saat saya sedang mencari kerja, saat saya sedang mencari pendamping hidup dan hingga sampai saat ini saya mengarungi hidup.

Saya sendiri meresa aneh, kenapa buku tersebut bisa terasa seperti menjadi teman dan bisa sebagai penunjuk jalan jika saya sedang ’sumpek’. Saya salut dengan penulis buku ini dan siapa pun yang ikut berkontribusi menciptakan buku ini. Dan saya juga menyampaikan terima kasih saya ke pak Bandung karena dengan menjaga rumahnya saya dapat hikmah dapat membaca buku yang barangkali juga menginspirasi beliau. Buku ini dikarang oleh SIDNEY NEWTON BREMER, Ph.D.

Di buku ini terpapar 366 Esai. Setiap esai dijelaskan dalam setiap tanggal dalam suatu bulan. Misal bulan Januari terdiri dari 31 hari maka dalam buku ini akan memaparkan 31 macam esai. Dan hal ini berlaku untuk setiap bulan lainnya hingga mencapai 366 hari atau 366 esai.

Sebagai contoh isi dari buku ini pada materi bulan JANUARI berisi esai-esai sebagai berikut :

Tanggal satu ................. Kenalilah dirimu
Tanggal dua .................. Sekarang hidup hari ini
Tanggal tiga .................. Sukses
Tanggal empat ............ Keyakinan
Tanggal lima ............... Kepercayaan diri
Tanggal enam .............. Sikap
Tanggal tujuh .............. Sasaran
Tanggal delapan .......... Maksud
Tanggal sembilan ........ Akal sehat penalaran
Tanggal sepuluh .......... Tujuan
Dan seterusnya

Buku buat saya memang sangat bermanfaat, terutama dengan buku-buku yang dapat menunjukan dan menggambarkan suatu hal yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca berbagai buku,saya dapat memperkaya berbagai hal yang saya butuhkan.

Saya sendiri mempunyai keterbatasan dalam memahami suatu buku. Bisa saja saya selesai membaca suatu buku, tetapi belum tentu saya bisa paham semuanya atau hafal dengan baik isinya. Rata-rata dari membaca sebuah buku jika saya bisa merealisasikan 1% dari buku yang di baca itu sudah hebat.

2 komentar:

mindscape mengatakan...

pengen buku itu...
masih ada nggak yah di toko buku?

Andre Angelo mengatakan...

aku baru saja menemukan buku itu beberapa hari yang lalu di perpustakaan kampus, dan aku sangat menyukai buku itu..
itu buku yang keren..