Minggu, 16 Maret 2008

Cepatlah Besar Matahari-ku

Begitulah sepenggal kalimat yang ada pada lirik lagunya Iwan Fals pada album Opini yang diciptakan untuk anaknya yang dulu baru lahir.

Iwan fals merupakan penyanyi idola saya. Ini berawal sejak saya masih duduk di bangku SMP pada tahun 1983 - 1986. Saya pada waktu itu pindah dari SD di Jogja dan SMP sampai SMA di Blitar. Kebetulan di depan rumah saya dulu dikontrak oleh Pemilik Jasa Instalasi Listrik untuk membuka usahanya disana. Nama CV-nya adalah CV INDAH. Si pemilik CV ini sangat senang dan mengidolakan lagu-lagunya Iwan fals.


Setiap bangun pagi sampai sore harinya yang terdengar ya lagunya Iwan Fals. Bahkan kalau pagi-pagi saya bangun lagu itu sudah terputar. Lagu-lagunya kayaknya menjadi sarapan oleh orang-orang yang di CV itu. Lagu-lagunya memang sangat merakyat dan sangat mudah diterima telinga orang awam terutama seperti saya ini. Kritik sosial yang dikumandangkannya pun sangat menyentuh dan mengena sampai berbagai lapisan masyarakat.

Lagu-lagunya tentang cinta, tentang politik, tentang sosial dapat didengar mulai dari tukang becak dan sampai kaum legistatif di gedung DPR. Lagu-lagu Iwan pun ada yang sempat di cekal untuk tidak ditampilkan di umum karena sarat dengan kritik yang berdampak pada perorangan maupun kelompok tertentu.

Namun lagu-lagunya memang sangat menyenangkan. Dari urusan yang sangat besar bisa menjadi lirik lagu yang cukup menggoda. Bahkan anak kecilpun kalau disuruh menyanyikan bisa sampai hafal. Bayangkan saja waktu itu saya masih dibangku SMP tapi sudah banyak hafal lirik lagunya. Walau kalau di suruh menyanyikan saya ngga bisa karena suara saya yang benar-benar FALS.

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan blog-nya iwan-fals-mania atau
http://www.iwanfalsmania.blogspot.com/. Trimakasih kepada pembuat blog ini yang telah mengakomodasi kerinduan para penggemar Iwan Fals.

Dari blog itu pula saya mengambil beberapa kalimat (10 kalimat) dari 100 kalimat indah dalam lirik lagu Iwan Fals Dkk. Lirik-lirik itu memang sangat bagus dan menggelitik. Dan sengaja ini saya copy disini supaya sayapun tetap bisa mengingatnya dan jika ingin melihat komplitnya bisa berkunjung langsung ke blog Iwan-Flas-Mania.

Berikut 10 Kalimat Indah dalam lirik Iwan tersebut :


1. “Berhentilah jangan salah gunakan, kehebatan ilmu pengetahuan untuk menghancurkan”.
(Puing – album
Sarjana Muda 1981)

2. “Hei jangan ragu dan jangan malu, tunjukkan pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu”.
(Bangunlah Putra-Putri Pertiwi – album
Sarjana Muda 1981)

3. “Cepatlah besar matahariku, menangis yang keras janganlah ragu, hantamlah
sombongnya dunia buah hatiku, doa kami dinadimu”.
(Galang Rambu Anarki – album Opini 1982)

4. “Jalan masih teramat jauh, mustahil berlabuh bila dayung tak terkayuh”.
(Maaf Cintaku - album
Sugali 1984)

5. “Jangan kau paksakan untuk tetap terus berlari, bila luka di kaki belum terobati”.
(Berkacalah Jakarta - album
Sugali 1984)

6. “Riak gelombang suatu rintangan, ingat itu pasti kan datang, karang tajam
sepintas seram, usah gentar bersatu terjang”.
(Cik - album
Sore Tugu Pancoran 1985)

7. “Aku tak sanggup berjanji, hanya mampu katakan aku cinta kau saat ini,
entah esok hari, entah lusa nanti, entah”.
(Entah - album Ethiopia 1986)

8. “Mengapa bunga harus layu?, setelah kumbang dapatkan madu,
mengapa kumbang harus ingkar?, setelah bunga tak lagi mekar”.
(Bunga-Bunga Kumbang-Kumbang - album
Ethiopia 1986)

9. “Ternyata banyak hal yang tak selesai hanya dengan amarah”.
(Ya Ya Ya Oh Ya - album
Aku Sayang Kamu 1986)

10. “Dalam hari selalu ada kemungkinan, dalam hari pasti ada kesempatan”.
(Selamat Tinggal Malam - album Aku Sayang Kamu 1986)

3 komentar:

JOE TAFKIEN mengatakan...

Halo mas hendra, jumpa lagi. Kalo gak salah, aku dulu wis kenal you. Soale aku yo alumni math its 93. Lan aku sak kosan sama indratmoko (saiki kerjo ono carefour sby). Halo mas, salam jumpa yo..

ahage mengatakan...

Halo joe, suwun wis mampir nang blog saya. Mungkin aku nek ketemu muka isik ingat kali tapi kalo sudah dalam nama singkatan gini nyuwun duka aku kesupen. Kapan ke Jakarta? kalo ke Jakarta silahkan kontak-kontak ya barangkali bisa ketemu. Salam kanggo indrat dan konco-konco disitu? Opo sampeyan punya blog juga?

SB mengatakan...

terima kasih juga.. semoga berguna