Senin, 24 Maret 2008

Libur Long Weekend Tlah Berlalu

Libur panjang pada tanggal 20 sd 23 Maret 2008 menjadi libur yang ditunggu-tunggu banyak orang. Ada yang sudah merencanakan jauh-jauh hari untuk berlibur ke luar kota atau hanya berlibur di rumah saja atau bahkan ada yang merencanakan untuk berlibur ke luar negri.

Libur seperti itu bisa sangat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga atau saling bersilahturami dengan sanak saudara dan teman-teman. Liburan yang tanpa persiapan sebenarnya bisa menjadi hal yang asik-asik saja. Tapi, bisa juga menjadi hal membawa capek, lelah dan jengkel kalau yang dihadapi seperti malam tanggal 19 maret 2008. Dimana jalan menuju Bandung yang dimulai dari jalan tol Pondok Gede Barat sampai persimpangan menuju Cikampek dan tol Padalarang macet total.


Kemacetan itu bisa mengakitkan jarak antara Jakarta ke Bandung biasa ditempuh 2 jam untuk kali ini ditempuh hingga 7 sd 8 jam. Bisa terbayang betapa macetnya dan terbayang pula kalau malam itu direncanakan untuk kegiatan berlibur dan mengajak keluarga dan anak-anak yang masih kecil. Betapa repot dan melelahkannya perjalanan liburan itu.

Dari informasi atau laporan di TV terlihat banyak kendaraan yang akhirnya di parkir di bahu jalan pada malam itu. Kondisi yang lelah dan capek juga sangat berbahaya bagi para pengendaranya. Belum lagi kalau ditunjang dengan perasaan kesal atau marah. Memang akan menjadi nyaman kalau sudah kondisi seperti itu untuk meminggirkan kendaraannya dan molor di pinggir jalan.

Hal serupa memang biasa terjadi pada saat liburan lebaran dengan jalur mudiknya. Macetnya memang bisa berkilo-kilo meter hingga bisa mencapai berjam-jam pula macetnya. Kalau semua itu memang sudah sangat disadari dan dimengerti tidak akan jadi masalah. Tetapi, jika hal tersebut menjadi bikin menyebalkan bisa-bisa acara liburannya akan membawa masalah.

Libur telah berlalu, rasa capek memang masih terasa. Namun pengalaman lain juga didapatkan terutama berkumpul keluarga dan bertemu saudara. Jadi akan tetap jalan disaat libur atau mau di rumah saja?

Tidak ada komentar: