Senin, 31 Maret 2008

Khayalan J.K. Rowling

Siapa yang tidak tahu film yang berisi tentang petualangan Harry Porter? Walaupun tidak pernah melihat filmnya atau membaca bukunya, setidaknya kebanyakan orang pernah mendengar Harry Porter. Cerita petualangan Haryy Porter sudah menembus ke seri yang ke tujuh dengan judul Harry Potter and the Deathly Hallows. Buku seri ke tujuh ini diterbitkan mulai tanggal 21 Juli 2007.

Apa hubungan J.K. Rowling dengan Cerita Harry Porter? J.K. Rowling (J.K.R)-lah yang menulis tentang cerita Harry Porter ini. Bagaimana si J.K.R bisa membuat cerita dalam bentuk buku dan akhirnya di filmkan ini? J.K.R memang punya kebiasan menulis bahkan dalam satu hari bisa menghabiskan waktu hingga 11 jam untuk menulis walaupun di lain hari dia hanya menggunakan tiga jam saja. J.K.R punya kebiasan menulis yang sangat konsisten.


Bagimana dia bisa menemukan nama-nama daerah atau tempat atau nama pemeran dalam ceritanya yang aneh-aneh ditelinga orang awam? Hal tersebut berasal dari khayalannya dan muncul begitu saja. Atau karena dia melakukan perjalanan atau dari hasil membaca buku yang menarik dan menemukan nama-nama yang aneh tersebut. Dia menyukai nama-nama yang unik. Nama-nama tempat ataupun pemain-pemain yang diceritakan dalam buku maupun filmnya bisa diambil dari berbagai sumber ataupun tempat yang berbeda-beda.

Khayalan Yang Mendatangkan Uang

Barangkali kata-kata tersebut sangat tepat untuk pekerjaan yang digeluti si J.K.R ini. Dengan mempunyai imajinasi yang tinggi dan mampu menuangkan dalam bentuk tulisan bisa mendatangkan Uang yang sangat banyak. Bahkan tulisannya dalam bentuk buku bisa terjual jutaan buku. J.K.R nya tinggal mendapatkan uang royalti dari bukunya itu.

Yang terbayang di saya bagaimana orang bisa merasa senang dan bisa menikmati hasil cerita bukunya tersebut? Apakah pada awalnya tulisan dari khayalannya langsung diterima masyarakat luas? Apakah tulisan menuturkan cerita yang runut? Apakah tulisan yang penuh khayalan itu dulu pernah di cibir orang ? Dainggap tulisan yang mengada-ada atau dianggap tulisan yang tidak bermutu? Saya sendiri berusaha membayangkan jika saya mampu membuat khayalan dalam bentuk tulisan dan diterima masyarakat? Wuih itu pasti sesuatu yang sangat membanggakan. Dan bagimana kira-kira khayalan apik ini bisa diterima orang lain? Dan mendatangkan pendapatan yang sangat banyak? Itu pasti menjadi keinginan semua orang dan tidak hanya saya saja kali.

Saya lagi berusaha berkhayal bebas, mumpung berkhayal belum di suruh membayar. Saiap saja boleh membuat khayalan, membuat impian karena dari situ harapannya bisa timbul niatan dan keinginan untuk mewujudkannya.

‘’Tapi bukankah apa yang saya peroleh juga dari khayalan yang pernah saya buat
sebelumnya. Apa yang saya peroleh adalah segala sesuatu yang pernah terlintas di
pikiran saya. Hal ini saya yakini banget.

Bagaimana J.K.R menulis?

J.K.R menulis sesuatu berdasarkan apa yang ingin dia tulis. Dia akan menulis apa saja yang ada dikepalanya dan menuliskannya. Begitulah cara J.K.R menulis seperti yang dia ungkapkan dalam sesi wawancara dengan wartawan media cetak.

Metode atau cara menulis yang paling manjur memang menulis apa saja. Apa saja yang terlintas dalam otak harus segera ditangkap dan ditulis. Begitu kepala kita meleng dikit saja apa yang akan tertulis bisa jadi raib. Dengan metode menulis cepat bisa jadi akan membuat tulisan mengalir dan menuangkan semua yang ada di pikiran tanpa akan merasa kehilangan gagasan.

Saya sering merasa jika ingin menulis apa yang ada dalam pikiran seolah-olah ide yang ada dikepala tersebut tidak saling nyambung. Tetapi begitu hal tersebut sudah tertuang dalam kertas ataupun dalam ketikan di komputer tulisan akan terlihat sambung-menyambung. Dari sini bisa dilakukan koreksi untuk membetulkan tulisan-tulisan yang kurang tepat. Setidaknya setelah menangkap ide apa saja yang ada di kepala dan menangkap gagasan aslinya maka langkah berikutnya tinggal nambah atau mengurangi yang tidak pas.

Apa Keuntungan Menulis?

Tulisan sekelas J.K.R dapat membuat hidupnya berkelimpahan. Karena dengan menulis, dia sudah bisa mendapatkan kekayaan yang luar biasa. Bagaimana dengan penulis pemula apakah bisa seperti itu? Tentunya jawabnya bisa. Tergantung niatan dan segala sesuatu yang dilakukan akan dijalankan secara konsisten dan berkisinambungan atau tidak. Kendala yang sering dihadapi justru jika timbul masalah-masalah kecil diperjalannya sering menjadi patah arang dulu. Dan, tidak bersemangat untuk melanjutkan lagi.

Terus dan terus membuat tulisan dan mengembangkan bobot materi tulisan akan membuat tulisan semakin menarik.
Terus dan terus untuk membuat tulisan akan menciptakan ciri khas dari si penulis terhadap apa yang di tulis.

Kebanyakan orang memang selalu kuatir untuk membuat tulisan termasuk saya. Hal tersebut terjadi karena merasa takut tulisannya di cap jelek, tidak bermutu, kampunganlah, tidak berbobotlah, tulisannya seperti anak kecillah. Pikiran demikian sering menghantui setiap penulis pemula. Pada akhirnya para penulis pemula enggan untuk mengeluarkan ide-idenya. Padahal ide-ide orisinil yang keluar dari berbagai jenis kepala bisa memperkaya kasanah di dunia tulis menulis.

Tulisan diatas memang saya tujukan untuk diri saya sendiri. Belajar dari apa yang dilakukan oleh J.K. Rowling semoga meng-inspirasi saya untuk selalu membuat tulisan-tulisan. Saya sendiri bertambah yakin kalau dalam satu bulan di bulan Maret 2008 ini saya sudah membuat hampir 15 tulisan di blog ini. Dan saya menghargai atas tulisan saya sendiri dari awal bulan Maret sampai dengan akhir Maret semakin lebih baik. Bulan berikutnya akan saya buat tulisan-tulisan lagi yang lebih baik dari sekarang.Ijinkan ide, khayalan, mimpi dan cuplikan-cuplikan yang saya peroleh dari sana-sini membuat rangkaian kalimat yang bermakna.

Tidak ada komentar: